Sentra HaKI
» halaman depan
lihat situs sponsor
ARTIKEL HaKI REGULASI KEGIATAN
SITUS FORUM e-DATA KONTAK

Selasa, 30 September 2014  
 
 

Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Kado Hak Paten untuk Ulang Tahun LIPI
wuragil

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-40 kemarin, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memberikan empat Inventor Award kepada empat kelompok penelitinya. Penghargaan diberikan karena pada tahun ini pula para peneliti tersebut berhasil mempersembahkan paten lewat hasil-hasil penelitiannya.

Kepastian perlindungan atas hak cipta itu mereka raih setelah menunggu empat hingga sembilan tahun sejak permohonan paten diajukan ke Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Keempat temuan tersebut terkait dengan proses pengalengan tempe, pembuatan minyak kelapa murni dengan cara fermentasi, pembuatan lembaran elektroda mirip kain secara sederhana, serta pengendali digital untuk motor listrik arus searah.

Dua temuan pertama adalah milik kelompok peneliti di Pusat Penelitian Kimia LIPI. Proses "Pembuatan Tempe Olahan dalam Kaleng dan Produk yang Dihasilkan daripadanya" ditemukan H A. Tenri Karossi dan kawan-kawan, sedangkan "Bioproses Produksi Minyak Kelapa Menggunakan Ragi Tempe" adalah hasil penelitian Tani Idayanti dan tiga koleganya.

Temuan ketiga, lembaran elektroda yang bisa digunakan sebagai sel baterai litium memiliki judul "Pembuatan Lembaran Elektroda Graphite dan Lithium Mangan Oxide". Pemilik invensi itu juga tercatat atas nama kelompok peneliti di Pusat Penelitian Fisika LIPI, yakni Etty M. Giyanti, Bambang Prihandoko, Han K. Sudjono, dan Udin Haerudin.

Paten keempat yang menjadi kado ulang tahun LIPI tahun ini adalah atas nama Estiko Rijanto, peneliti di Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI Bandung. Judul invensinya itu adalah "Sistem Mekatronika yang Digerakkan oleh Motor Arus Searah Berbasis Prosesor Digital dengan Menggunakan Mekanisme PWM Quadran Diagonal".

Syahrul Aiman, Kepala Pusat Inovasi LIPI, menjelaskan bahwa total dari 123 paten, yang telah didaftarkan sejak 1991 lalu, hanya 7 paten yang sudah diterima lembaganya. Kebanyakan masih tertahan pada tahap pemeriksaan substansif.

Syahrul berharap, ke depan, proses granted paten dapat lebih cepat. "Kalau terlalu lama menimbulkan dampak terhambat pula proses aplikasinya ke industri," katanya memberi contoh.

Inventor Award 2007 diberikan oleh Kepala LIPI Umar Anggara Jenie dalam puncak perayaan ulang tahun LIPI di Ecological Park, Cibinong Science Center. Selain penghargaan itu, Umar memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang pertama sampai ketiga Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Nasional Tingkat SMP.

Sumber : Koran Tempo (24 Agustus 2007)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 27 Agustus 2007

 
LIPI

MAILING-LIST

daftar keluar




BERITAHU TEMAN



 
  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
 
AKSES PENGELOLA

  username :
 
  password :
 

 
 
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2014 LIPI